Contoh Menggunakan Rumus VLOOKUP Dan HLOOKUP Di Excel

Posted on
Contoh Menggunakan Rumus VLOOKUP Dan HLOOKUP Di Excel
5 (100%) 1 vote

pada microsoft excel memang terdapat banyak jenis rumus formula yang dapat membantu kita untuk mengerjakan sebuah pekerjaan. salah satunya yaitu rumus vlookup dan hlookup, jika anda masih dalam tahap belajar atau sudah pernah belajar dan lupa cara mmenggunakannya berarti anda sudah tepat berkunjung di website ini. karena saya akan mencoba untuk berbagi cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup di microsoft excel. ada syarat tertentu yang harus ada pada rumus lookup, syaratnya yaitu harus ada tabel bantu yang digunakan untuk mengisi data.

LOOKUP di bagi  menjadi  dua yaitu vlookup dan hlookup, adapun perbedaan dari keduanya terletak pada tabel  bantu yang dipakai. jika rumus vlookup maka tabel bantu yang digunakan harus vertikal atau menurun ke bawah. sedangkan rumus hlookup, tabel bantu yang di pakai harus horizontal atau tabelnya harus kesamping. untuk  lebih jelasnya saya akan memberikan contoh dibawah.

Contoh Menggunakan Rumus LOOKUP

pertama siapkan tabel induk yang akan di isi seperti di bawah ini

No Kode barang Stok barang Harga barang Jumlah rusak
1 A  =VLOOKUP(B2,tabel vertikal,2,0)  =HLOOKUP(B2,tabel horizontal,2,0)  =VLOOKUP(B2,tabel vertikal,3,0)
2 B
3 C
4 D
5 E
6 F
7 G
8 H
9 I
10 J

siapkan tabel bantu vertikal

kode barang stok barang jumlah rusak
A 10 6
B 15 5
C 16 5
D 100 2
E 23 0
F 28 1
G 50 1
H 46 4
I 87 2
J 11 1

siapkan tabel bantu horizontal

Kode barang A B C D E F G H I J
Harga barang 100 200 150 75 25 50 320 111 85 75

Keterangan:

RUMUS VLOOKUP DAN HLOOKUP

pada tabel induk rumus stok barang diambil dari tabel vertikal, rumusnya =vlookup(kolom kode barang di tbl induk, blok tabel bantu vertikal dari kode barang sampai semua isi terblok, pilih kolom stok barang di tabel bantu vertikal urutan kolom ke dua, 0 atau false). untuk horizontal sama saja rumusnya cuma bedanya memakai rumus hlookup dan yang di baca baris ke berapa pada tabel bantunya.

mungkin  itu saja artikel mengenai cara menggunakan rumus LOOKUP  Di excel semoga membantu anda. untuk materi yang lainnya silahkan anda cari di website kami di kuncikomputer.com.

Baca Artike Lainnya: