Cara Terbaru Mengatasi Kursor Tidak Bergerak

Posted on
Cara Terbaru Mengatasi Kursor Tidak Bergerak
5 (100%) 1 vote

jika anda mengalami kursor tidak bergerak pasti anda bakalan kesel. ya iyalah gimana gak kesel kalo kursor gak bergerak berarti menjalankan komputernya menggunakan keyboard aja. nah kali ini saya akan mencoba membuat solusi cara mengatasi kursor tidak bergerak. ada beberapa kendala yang sering terjadi dan menyebabkan kerusakan pada kursor. untuk lebih jelasnya silahkan baca tutorial yang akan saya bagikan di bawah.

Kursor Tidak Bisa Di Gerakan

kursor tidak bisa bergerak

dari judul masalah diatas ada beberapa penyebab yang mengakibatkan error pada kursor. biasanya penyebabnya berasal dari mouse, dari touchpad dan dari settingan pointer mouse itu sendiri.

Artikel Terkait:

Penyebab Kerusakan Pada Kursor

1. Pada Saat Mencabut Mouse Terlalu Kasar
kebiasaan yang buruk yaitu mencabut mouse dengan menarik kabelnya bukan memegang usbnya. hal ini bisa mengakibatkan kabel rambut di dalamnya bisa saja putus dan mouse tidak bisa digunakan lagi. solusi untuk mengatasinya coba anda gunakan mouse yang lain yang masih berfungsi dengan benar.
2. Touchpad Terkena Benturan Keras
touchpad pada laptop sangat rentan terhadap pukulan atau benturan keras. jika laptop anda pernah terjatuh bisa jadi itu penyebab touchpad tidak bisa digunakan lagi. solusi untuk yang ini touchpad harus di ganti sob.
3. Touchpad atau Mouse Nonaktif
jika karena maouse nonaktif ini sangat mudah untuk mengatasinya, anda hanya perlu mengaktifkan fungsi mouse anda. coba tekan FN+F7/F9 untuk mengatasinya, biasanya kursor sedang freeze. selain itu anda juga bisa mencoba untuk masuk ke control panel > hardware and sound > device anda printer klik tulisan mouse kecil > pada mouse properties klik elan > klik dua kali pada “elan smart-pad” agar berubah menjadi enable. setelah enable maka kursor anda sudah dapat digunakan kembali.
4. Mouse Tidak Terpasang Dengan Benar
jika kursor anda tidak bisa bergerak dan anda menggunakan mouse, saran saya anda jangan panik dahulu. coba cek usb laptop apakah sudah terpasang dengan benar di komputer atau laptop anda. pada kasus yang sering terjadi, kadang pada saat memasang kabel di slot usbnya tidak benar sehingga fungsi mouse tidak optimal atau bahkan tidak bisa digunakan. solusinya pasang mouse dengan benar di slot usb yang telah di sediakan.
5. Touchpad Kotor
sebagai komponen utama yang sering digunakan, taouchpad laptop sangat sering bersentuhan dengan tangan. hal tersebut dapat mengakibatkan touchpad kotor, contohnya kayak keringat, minyak, air dan debu. jika touchpad anda tidak pernah di bersihkan maka fungsinya juga akan tidak optimal. jika di akibatkan oleh touchpad yang kotor solusinya bersihkan dengan hati-hati touchpad laptop anda.

sekian dari saya, semoga artikel tentang kursor tidak bergerak kali ini bisa membantu masalah si pembaca. untuk trik dan tutorial lainnya yang berhubungan dengan komputer dapat anda cari di website kami www.kuncikomputer.com . mudah-mudahan permasalahan anda dapat teratasi, sekian terimakasih.

Baca Juga: