Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet

Posted on
Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet
5 (100%) 1 vote

Di jaman sekarang ini media penyimpanan sudah sangat beragam seperti flashdisk, memory, harddisk dan lainnya. untuk menjaga agar tetap aman, tentu harus menjaga media penyimpanan agar tidak rusak karena apabila rusak maka data bisa saja hilang atau tidak bisa di buka. kali ini saya akan menuliskan tips merawat flashdisk agar tetap awet. meskipun terlihat sepele tetapi tips ini sangat bermanfaat bagi anda yang mempunyai media penyimpanan seperti fd (flashdisk). pasti anda sudah tahu tips ini akan tetapi anda belum mengetahui manfaat hal-hal yang anda anggap sepele ini. berikut trik untuk menjaga media penyimpanan anda agar tidak cepet rusak.

Tips Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet

Sebelum dan susudah menggunakan flashdisk yang perlu anda perhatikan, berikut tips yang perlu anda lakukan dan yang perlu di ketahui.

1. setelah menggunakan flashdisk pastikan eject atau di selesaikan supaya tidak berjalan di komputer kemudian di cabut.
2. pastikan anda memahami cara menggunakan komputer, jika anda pemula baca panduan belajar komputer terlebih dahulu.
3. apabila flashdisk tidak digunakan lagi simpan di tempat yang aman dan bersih agar fd tidak karatan dan tidak berdebu.
4. agar data anda aman backup data ke komputer yang terpasang anti virus agar lebih aman, Baca artikel saya tentang macam-macam antivirus danĀ  kelebihannya.
5. sebelum di gunakan di komputer scan dahulu flashdisk anda, karena untuk mengantisipasi virus dari komputer lain yang masuk melalui flashdisk.
6. lebih baik jangan mengedit file secara langsung yang ada di flashdisk, pindahkan di komputer terlebih dahulu sebelumdi edit dan simpan di fd kembali.
7. jangan sampai flashdisk terjatuh dan jangan di pukul agar komponen di dalamnya tidak rusak.
8. jika flashdisk masih baru jangan keseringan di format karena tidak bagus untuk fd.
9. lakukan difragment secara berkala di flashdisk agar kinerja optimal
10. jangan lupa tutup flashdisk setelah di gunakan agar debu tidak masuk kedalamnya.
11. flashdisk jangan sampai terkena air karena dapat merusak komponen yang ada di dalamnya.

meskipun terlihat sepele tapi tips diatas sangat bermanfaat untuk menjaga media penyimpanan anda agar awet dan menjaga data anda agar tetap aman. setiap kali anda menggunakan flashdisk pasti salah satu tips diatas ada yang sering anda lewatkan, seperti scan dahulu atau tidak di eject sebelum di cabut dan sebagainya. jika keseringan bukan tidak mungkin fd anda bisa terkena virus atau datanya bisa saja tidak bisa dibuka jika kena virus.

Pengalaman yang sudah saya alami sih waktu saya masih skripsi sering sekali tidak menscan dan tidak eject saat selesai menggunakan fd dan terkadang data di sembunyikan oleh virus. untuk mengatasinya biasanya saya menggunakan anti virus, tapi kalo sudah begitu fd anda sudah terinfeksi virus sob karena keteledoran kita sendiri.

ArtikelĀ  Terkait:

Mungkin itu saja artikel tips merawat flashdisk agar tetap awet semoga bermanfaat. jika anda mempunyai masalah tentang komputer silahkan cari solusinya di website kami di www.kuncikomputer.com mudah-mudahan masalah bisa teratasi.

Baca Juga: