Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Mudah

Posted on
Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Mudah
5 (100%) 1 vote

www.kuncikomputer.com – Mengerjakan pekerjaan kantor ataupun tugas kuliah dengan menggunakan laptop itu sudah menjadi hal yang lumrah. Tetapi jika laptop sudah lemot memang sangat menguras kesabaran. Anda dituntut untuk mengerjakan pekerjaan secara cepat tetapi laptop atau komputer tidak bersahabat. Sebenarnya ada beberapa cara mempercepat kinerja laptop yang mudah dan bisa Anda lakukan. Jangan menyerah dahulu apabila laptop sangat lambat jika dipakai, itu hanya membutuhkan perawatan secara rutin saja. Bagaimanakah caranya?

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

biasanya laptop akan lelet atau lemot apabila laptop yang memiliki spesifikasi yang rendah dan digunakan untuk mengerjakan yang berat-berat seperti design, game dan lainnya. nah apabila anda ingin merubah laptop anda agar lebih cepat dan tidak lemot silahkan anda baca tutorial dibawah ini.

Langkah-Langkah Mengatasi Laptop Lemot

  1. Hapus file sampah pada recycle bin

Menghapus file sementara atau file sampah itu merupakan cara jitu untuk mempercepat kinerja laptop. File-file yang tidak penting jika disimpan terus akan membuat laptop menjadi lambat. Sebelum menghapusnya, pastikan terlebih dahulu file tersebut penting atau tidaknya, jika tidak maka Anda cukup langsung klik kanan recycle bin kemudian pilih empty recycle bin. File sampah akan terhapus dan kinerja laptop akan normal kembali. Mungkin Anda juga bisa memakai software khusus penghapus file sampah tersebut seperti memakai Ccleaner.

  1. Memperbesar kapasitas hard disk dan RAM

Laptop yang melambat salah satu penyebabnya adalah kelebihan memori atau data. Anda bisa mengecek, apakah penggunaan RAM atau hard disk tersebut sudah melewati batas normal atau belum. Jika laptop sudah melambat, tentu salah satu cara mempercepat kinerja laptop yang pas ialah memperbesar kapasitas RAM maupun hard disk. Anda juga bisa menggunakan SSD untuk meningkatkan performa pada laptop.

  1. Install antivirus yang tepat

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika virus seperti malware atau spyware itu bisa memperlambat kinerja laptop Anda. Apabila computer atau laptop banyak menyimpan virus, tentu saja laptop kerjanya semakin berat dan lambat. Solusinya, Anda bisa menginstall antivirus yang tepat. Tepat di sini berati antivirus tersebut tidak akan membuat laptop Anda melambat juga. Tentu  Anda pernah mengetahui antivirus yang malah membuat laptop menjadi lemot bukan? Antivirus itu penting untuk melindungi data-data penting supaya tidak rusak atau hilang bila laptop terjangkit malware.

Bekerja dengan laptop atau komputer yang lambat itu memang sangat menguji kesabaran. Terkadang ada juga yang lebih mencari alternatif lain seperti pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas. Hal semacam ini tentu saja sangat merugikan terutama yang sedang dikejar deadline. Anda jadi harus bekerja ekstra cepat untuk segera menyelesaikan tugas. Laptop yang lemot tersebut semata-mata bukan karena mengalami kerusakan tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Salah satunya yang umum terjadi adalah kelebihan memori. Mungkin penambahan hard disk sering dipilih oleh kebanyakan orang sebagai cara mempercepat kinerja laptop yang paling jitu. Tetapi selain cara tersebut sebenarnya ada cara lainya yang lebih mudah seperti uninstall program yang tidak penting.

Baca Juga: