Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Berubah Menjadi RAW

Posted on
Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Berubah Menjadi RAW
5 (100%) 1 vote

terkadang ada beberapa orang yang tidak mengetahui penyebab mengapa fd tidak bisa di format dengan cara biasanya. ini saya alami sewaktu saya akan format fd dan tiba-tiba berubah menjadi type raw. saya nyari sana sini tutorial dan tetap saja gagal, dan akhirnya berhasil. untuk caranya akan saya tuliskan cara format flashdisk raw di bawah. jika anda salah satu orang yang mengalami hal yang saya dengan saya berarti anda sudah tepat membaca artikel saya ini.

Artikel Terkait :

Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet

Cara Mengatasi Flashdisk Atau Harddisk Yang Minta Format Terus

Repair Flashdisk Atau Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Bermasalah (100% Work)

Cara Termudah Mengembalikan File yang Terhapus / Hilang flashdisk

Cara Membuat Flashdisk Menjadi Ram Ekternal Tanpa aplikasi

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca Di Komputer [100% efektif]

Cara Format Flashdisk Type RAW

jika flashdisk anda menggunakan type RAW Biasanya tidak akan bisa di format dengan cara biasanya. nah untuk mengatasi masalah tersebut saya akan mencoba untuk memberikan solusinya dengan menggunakan cmd untuk cara pertama dan cara keduanya menggunakan software On Belay V2.

Cara Merubah Format Flashdisk RAW Menggunakan CMD

1. Pertama tancapkan fd anda di komputer atau laptop.
2. Buka CMD dengen menekan tombol windows + R secara bersamaan untuk menampilkan jendela Run.
3. kemudian ketikan cmd dan tekan enter.
4. apabila lembar kerja cmd sudah terbuka sekarang ketikan “chkdsk [drive:]: untuk mengetahui type flashdisk anda. contoh letak fd saya di local f: maka saya mengeceknya ” chkdsk f: ” tanpa petik. nanti akan ada tuliasn the type of the file system is “type fd anda”.
5. setelah anda tahu type fd anda RAW, sekarang format dengan cara ketikan “format [drive:] /fs:fat32 /v” contoh punya saya local f: maka perintah untuk formatnya yaitu ” format f: /f:fat32 /v ” kemudian tekan enter.
6. tunggu proses sampai selesai, dan akan ada pilihan Y/N, Ketikan Y Dan enter kembali.
7. jika proses telah selesai tutup jendela cmd, den sekarang fd anda bisa di pakai lagi.

terkadang ada juga flashdisk yang tetap bisa menggunakan cara tersebut atau bandel, untuk kasus fd yang keras kepala atau masih saja tidak terbaca atau minta format terus anda wajib coba cara kedua ini yaitu memanfaatkan dari aplikasi OnBelay V2

Cara Format Flashdisk Raw Menggunakan OnBelay V2

cara yang memakai software OnBelay V2 ini juga bisa mengatasi “flashdisk Location Is Not Available , the file or directory is corrupted and unreadable” dan juga mengatasi “fd location is not available , access is denied “. berikut ini cara mengatasi memakai OnBelay V2.

1. pertama download dahulu OnBelay V2 kemudian install di laptop atau komputer anda dan kita akan memakai yang gratisan aja atau hanya 15 hari.
2. selanjutnya kita akan format flashdisk type raw anda agar dapat digunakan dengan aplikasi ini.
3. buka OnBelay V2 Kemudian klik continue.
4. untuk license key lewatkan saja tekan continue.
5. pilih tools dan klik local f: fd anda kemudian lakukan format
6. sebelum format ceklis full pada format type dan ceklis FAT32 kemudian lakukan format. lihat gambar di bawah ini.
cara format flashdisk RAW
7. tunggu sampai proses selesai, biasanya lumayan lama. jika sudah selesai maka fd anda sudah bisa digunakan.

untuk kasus yang kelewat parah jika menggunakan OnBelay V2 biasanya bisa teratasi, akan tetapi ada beberapa fd yang berhasil akan tetapi kapasitas yang bisa digunakan hanya 2 gb saja. tapi banyak juga yang berhasil dan sukses 100%. saya sudah mencobanya sendiri dan alhasil fd saya bisa digun

akan lagi. untuk kasus yang hanya bisa digunakan 2 gb menurut saya lumayan dari pada fd anda di buang hehe. sambil nyari cara lain, tidak ada salahnya memakai fd 2 gb dulu sob 😀 .

itu aja artikel mengenai cara format flashdisk RAW yang bisa saya bagikan kali ini. jika anda punya masalah yang ada kaitannya dengan komputer silahkan cari tutorial cara mengatasinya di website kami di www.kuncikomputer.com .

Baca Juga: