cara memperbaiki cartridge printer
cara memperbaiki cartridge printer

Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Perlu Anda Tahu

Posted on
Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Perlu Anda Tahu
Rate this post

www.kuncikomputer.com – Saat terjadi masalah pada cartridge printer, sebaik dan secanggih apapun fitur yang dimiliki oleh printer, tetap saja hasil cetakan yang dihasilkan tidak akan sebagus dan seoptimal biasanya. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengetahui apa saja cara memperbaiki cartridge printer, khususnya bagi Anda yang mempunyai printer di kos ataupun di rumah. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi dimana cartridge mengalami masalah saat digunakan. Memang tidak ada salahnya jika ada masalah pada cartridge Anda meminta bantuan kepada tenaga ahlinya. Namun, tidak ada salahnya juga Anda mencoba memperbaikinya sendiri. Tujuannya tentunya bisa membuat Anda lebih terlatih dan bisa menghemat budget karena printer mengalami masalah.

Cara Memperbaiki Cartridge Printer

Ada beberapa bagian yang paling mudah rusak pada cartidge printer yang harus Anda waspadai. Bagian tersebut adalah kepala pencetak, wadah tinta dan juga chip cartridge. Umumnya, masalah ini bisa disebabkan karena berbagai hal, tapi yang paling sering dialami adalah penggumpalan tinta yang menyebabkan printer tersendat. Tak hanya itu saja, masalah tergores terhadap permukaan beda yang tajam juga bisa memicu kenapa cartridge printer ini bisa rusak. Tidak terdeteksinya perangkat cartridge printer dari sistem operasi juga bisa memicu kenapa perangkat keras ini bisa mengalami kerusakan.

Nah, jika Anda mengalami kerusakan cartridge printer sebaiknya segera memperbaikinya langsung . Tujuannya agar kerusakan pada bagian tersebut tidak semakin parah yang akhirnya bisa memicu kerusakan permanen pada printer. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki cartridge printer yang harus Anda ketahui:

Langkah-Langkah Memperbaiki Cartridge Printer

  1. Bersihkan bagian head printer dengan memanfaatkan Head Cleaning

Caranya, cobalah mencoba mencetak gambar ataupun sebagainya pada kertas tertentu dan amati bagaimana hasilnya. Jika hasil cetakan tersebut masih bagus, bisa dipastikan bahwa sumbatan atau kerusakan pada bagian printer in masih tergolong ringan. Namun, jika ternyata masih sama atau tidak terlalu baik hasilnya Anda bisa mencoba cara selanjutnya.

  1. Sedot dengan menggunakan toolkit

Caranya cukup mudah, pertama cabut cartridge printer dan selanjutnya Anda bisa langsung mengedit head cartridge printer ini dengan menggunakan toolkit. Toolkit merupakan alat untuk menyedot tinta yang bekerja dengan khusus. Anda yang ingin membelinya, toolkit bisa dibeli di berbagai toko komputer yang ada di kota Anda. Bagi yang ingin mencoba membuatnya sendiri juga bisa. Caranya dengan memberikan sentuhan modifikasi pada bekas suntikan dari tinta printer itu sendiri.

Untuk mengecek hasilnya, bisa dilakukan dengan mencetak beberapa teksi ataupun gambar. Jika hasilnya ternyata lebih baik, berarti cara kedua ini sudah berhasil. Namun, jika masih sama dengan sebelumnya, Anda bisa mencoba cara yang kedua.

  1. Rendam cartridge printer menggunakan cairan khusus head cleaner

Head cleaner adalah cairan khusus yang bisa digunakan untuk salah satu cara memperbaiki cartridge printer yang akurat. Cairan ini bisa didapatkan di toko komputer yang ada di sekitar tempat tinggal. Alternatif jika ingin menghemat pengeluaran adalah bisa saja memanfaatkan air panas. Namun, hasil perbaikan cartridge printer akan lebih optimal dengan menggunakan cairan khusus tersebut. Untuk mencoba hasilnya juga sama dengan dua cara lainnya.

Cartrigde printer adalah bagian penting pada perangkat printer yang menentukan kualitas gambar, teks dan hasil cetakan lain dari sebuah printer yang Anda miliki. Jika bagian ini mengalami masalah tentunya hasil cetakan juga akan berpengaruh. Agar kerusakan tidak semakin memburuk, cara memperbaiki cartridge printer terbaik harus Anda ketahui.

Baca Juga: