Cara Cleaning Printer Canon, Perawatan Head untuk Hasil Cetak Maksimal

Cara Cleaning Printer Canon, Perawatan Head untuk Hasil Cetak Maksimal
Rate this post

www.kuncikomputer.com – Saat ini, Anda bisa memilih berbagai macam jenis dan merek printer sesuai kebutuhan Anda. Tentu saja, setiap jenis dan merek printer itu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Satu merek printer yang paling banyak digunakan adalah canon. Printer ini banyak digunakan karena selain harganya yang bersahabat, juga karena pemakaiannya yang mudah dan perawatannya juga mudah. Untuk perawatan, ada beberapa tips cara cleaning printer canon yang perlu Anda perhatikan. Terutama yang harus Anda perhatikan adalah head cleaning.

Cara Cleaning Printer Canon, Perawatan Head untuk Hasil Cetak Maksimal

Anda harus mengetahui mengapa head cleaning perlu dilakukan sebelum mengetahui cara cleaning printer Canon lebih jauh. Head cleaning dilakukan untuk membuang dan juga membersihkan tinta yang menggumpal maupun menggenang di bagian bawah cartridge. Tinta yang menggumpal inilah yang menyebabkan printer tidak bisa bekerja dengan maksimal. Seringnya, akibat dari penggumpalan tinta ini adalah tinta tidak mau keluar saat digunakan untuk mencetak. Dengan membersihkan head printer ini, proses pencetakan akan bisa berjalan dengan lebih lancar. Berikut cara membersihkannya:

Langkah-Langkah Cleaning Printer Canon

  1. Klik kanan pada komputer Anda. Setelah klik kanan, klik lagi control panel.
  2. Setelah muncul menu-menu pada control panel, pilih menu ‘view devices and printers’. Setelah Anda mengklik menu ‘view devices and printers’ itu menu lain akan muncul kemudian.
  3. Klik Menu yang akan muncul selanjutnya yaitu‘Devices and Printers’.
  4. Cari ikon printer pada sub menu yang muncul.
  5. Klik kanan pada ikon printer yang sedang aktif, lalu pilih ‘Printer Properties’.
  6. Setelah Anda klik, maka akan muncul work screen general. Gunakan layar kerja ini untuk melakukan print test. Caranya klik ‘Print Test Page’
  7. Setelah melakukan ‘print test page’, selanjutnya pindahkan ke menu tab Maintanance.
  8. Klik untuk membolehkan ‘Nozzle Check’ sebelum Anda melakukan cleaning atau pembersihan pada head printer.
  9. Kemudian klik Cleaning dilanjutkan dengan mengklik ‘execute’.
  10. Terakhir tunggu hingga proses cleaning atau pembersihan selesai dilakukan. Pastikan Anda menunggu hingga proses cleaning benar-benar selesai.
  11. Setelah selesai, lakukan ‘Print Test Page’ lagi.

Menggunakan printer bisa jadi merupakan sebuah kebutuhan bagi pegawai yang bekerja dengan data dan komputer. Printer berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk hard copy agar lebih mudah dibaca. Namun, tak jarang printer mengalami kendala karena satu dan lain hal. Cara di atas bisa Anda coba untuk memperbaiki printer Canon Anda yang mengalami kendala.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk melakukan cleaning head ini secara teratur. Bisa dilakukan setiap minggu agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Jangan terlalu sering melakukan cleaning, karena proses ini bisa menghabiskan tinta. Anda bisa mempraktikkan cara cleaning printer Canon saat hasil cetak printer Canon Anda sudah tidak lagi bagus.

Baca Juga: