Belajar Komputer Untuk Pemula [Otodidak]

Posted on
Belajar Komputer Untuk Pemula [Otodidak]
5 (100%) 1 vote

Di jaman sekarang ini Komputer sangat berperan penting dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan. apabila apabila anda termasuk orang yang masih awam atau belum mengenal komputer, anda wajib baca artikel yang akan saya bagikan dibawah ini untuk membimbing anda agar bisa mengoperasikan komputer.

sebenarnya mengoperasikan komputer itu tidak sulit, akan tetapi bagi orang yang tidak  pernah menggunakan komputer akan merasa sulit. seperti pepatah jawa mengatakan iso karna kulino, kurang lebih artinya bisa karena sering menggunakan. itu artinya jika kita tidak pernah menggunakan komputer tentu kita akan merasa  sulit. jika anda termasuk pengguna komputer pemula, silahkan baca artikel saya hingga selesai.

Belajar Komputer Secara Otodidak

belajar komputer tidak perlu memerlukan guru atau otodidak akan lebih menantang. anda dapat menggunakan komputer dengan cara anda sendiri. yang terpenting jangan malas, tekun dan cari banyak referensi di internet atau di buku-buku. mengoperasikan komputer itu tidak  serumit yang ada di benak anda, yang pertama anda harus tahu cara menghidupkan dan mematikan komputer terlebih dahulu. setelah itu anda bisa melanjutkannya dengan cara  di bawah ini.

Belajar Komputer

Belajar Komputer Untuk Pemula

1. Gunakan Komputer Atau Laptop Milik Sendiri

jika anda ingin belajar komputer secara otodidak, saran saya anda harus menggunakan komputer sendiri.  mengapa saya menyarankan anda harus menggunkan komputer sendiri, selain lebih nyaman anda juga dapat leluasa belajarnya tanpa  harus mengejar waktu dan anda dapat belajar kapan saja. jika anda menggunakan komputer sendiri anda dapat menyimpan file terserah anda dan data-data belajar anda akan tetap aman.

2. Anda Harus Tahu Komponen Komputer Paling Dasar

sebelum anda mengoperasikan komputer anda harus tahu komponen dasar komputer. manimal anda tahu  CPU, Mouse, keyboard ,  media penyimpanan dan monitor. karena komponen tersebut yang sering di gunakan atau terlihat, sedangkan komponen didalamnya itu masih banyak lagi.

Artikel Terkait :

3. Kesabaran Dan Tekun

belajar itu memerlukan kesabaran dan ketekunan, jika  anda ingin bisa menggunakan komputer jangan cepat menyerah. sabar dan harus sering-sering menggunakan komputer anda, intinya trial error dan jadikan pelajaran anda. banyak-banyakin membaca tutorial, di kuncikomputer banyak sekali tutorial yang berhubungan dengan komputer.

4. Belajar Shortcut Di Komputer

shortcut bertujuan untuk mempercepat anda dapat mengoperasikan komputer, contohnya seperti ctrl + c untuk meng cpy file, ctrl + v untuk paste file dan lain sebagainya. semua shortcut di lakukan menggunakan keyboard, jika anda ingin tahu lebih banyak tentang perintah yang dapat di lakukan menggunakan keyboard anda dapat baca di artikel saya sebelumnya tentang Fungsi Tombol Keyboard.

5. Belajar Membuat File Baru

belajar membuat sebuah file seperti membuat laporan di microsoft word, microsoft excel,  atau mengedit foto menggunakan photoshop dan lain sebagainya. jika anda sudah bisa membuat file baru, coba anda berkreasi sendiri seperti menggunakan rumus-rumus yang terdapat di fitur microsoft atau menggunakan fitur edit foto dan lainnya. ingat di point no 3 yaitu kesabaran dan tekun, anda harus mencoba sampai paham intinya trial error dan jadikan sebuah kesalahan untuk  pelajaran anda.

6. Jangan Bosan Untuk Berlatih Dan Belajar

jika anda sudah mengikuti point 1 sampai 5 yang harus anda lakukan sekarang yaitu anda harus rajin untuk  berlatih, sering-sering gunakan komputer anda biar anda terbiasa dan bisa. kalo menurut saya anda harus berani coba, tidak mungkin komputer anda meledak karena salah klik. pilihan di komputer kebanyakan hanya terdapat dua pilihan seperti yes atau cancel, jika anda tidak tahu maksudnya klik close aja atau cancel, beres kan :-D.

mungkin  itu saja artikel yang bisa saya bagikan kali ini tentang cara  belajar komputer secara  otodidak. ingat anda harus tekun jika ingin bisa, mudah-mudahan artikel saya dapat membantu anda. jika ingin tahu tutorial komputer yang lainnya silahkan anda baca-baca  artikel saya di website ini, insyaallah banyak artikel yang bermanfaat tentang komputer.

Baca Juga: