2 Cara Memotong Video Offline Menggunakan Komputer Untuk Pemula

Posted on
2 Cara Memotong Video Offline Menggunakan Komputer Untuk Pemula
5 (100%) 1 vote

Hai sob, pada kesempatan ini saya ingin berbagi cara memotong video menggunakan komputer. mungkin beberapa dari kalian mempunyai tugas atau ingin belajar menjadi youtuber dan ingin mengedit sebuah video. sebenarnya cara memotong video itu banyak caranya sob, anda bisa menggunakan cara online dan offline. nah untuk cara yang akan saya pakai saat ini yaitu menggunakan cara offline atau menggunakan aplikasi movie maker maupun aplikasi VLC. untuk cara yang lainnya akan saya tulis di bawahnya kalo saya sudah sempat ya sob, nah untuk semetara anda bisa menggunakan 2 cara di bawah ini.

Cara Memotong Video Menggunakan Komputer Untuk Pemula

sebelum anda memotong video, pertama siapkan video yang akan anda potong dan pastikan dengan format MP4. apabila belum MP4 anda bisa mengkompress formatnya menjadi MP4 terlebih dahulu. habis itu siapkan aplikasi movie maker dan pastikan terinstal dulu dikomputer anda, kemudian cara memotongnya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Memotong Video Menggunakan Movie Maker

1. pertama anda harus mempunyai aplikasi movie maker yamg sudah terinstal di komputer anda.
2. setelah itu buka aplikasi movie maker anda, kemudian pilih add videos and photos untuk memasukan video yang akan anda potong.
3. pilih video yang akan anda potong kemudian klik open, maka video akan terbuka di movie maker.
4. pada contoh ini saya akan memotong video awal dan akhirnya jadi saya ngambil tengahnya, caranya kita tentukan waktu akhir videonya terlebih dahulu, di contoh saya akan mengakhiri video di waktu 1:35:11,03.
5. setelah video kita pause di menit tersebut sekarang klik edit -> dan klik set and point, secara otomatis video akan berakhir di menit 1:35:11,03.
6. nah untuk menit awalnya kita letakan di waktu 1:10:52,10 kemudian klik edit dan pilih set start point, maka secara otomatis video terpotong dan yang tersisa dari waktu 1:10:52,10 sampai 1:35:11,03 .
perhatikan gambar cara motongnya dibawah ini.

cara memotong video menggunakan movie maker

7. nah untuk menyimpannya klik file -> save movie -> dan pilih for komputer, untuk format terserah anda mau disimpan dalam bentuk mp4 atau yang lainnya kemudian klik save.

Cara Memotong Video Menggunakan VLC

  1. pertama buka video menggukan vlc, melalui open file ataupun di drag langsung.
  2. setelah itu klik VIEW kemudian klik advanced controls, secara otomatis akan muncul 4 tombol tambahan.
    * record : fungsi fitur ini digunakan untuk merekam video dari vidio yang akan kita potong, caranya klik untuk merekam dari menit pertama yang akan kita mulai dan klik kedua merupakan akhir dari video yang akan kita potong. dan video akan otomatis tersimpan di folder videos local c.
    * take a snapshot : nah untuk fitur ini dapat anda fungsikan untuk mengambil gambar screenshot dari video yang kita putar, dan gambar akan otomatis ke simpan otomatis di pictuures local c.
    * loop : vlc juga dapat anda gunakan untuk looping menggunakan tombol ini, anda harus memilih mana yang akan di gunakan untuk poin A Dan B.
    * frame by frame :tombol ini untuk menghentikan dan memulai video berdasarkan framenya.
  3. Nah untuk memotong kita menggunakan tombol warna merah atau record, sebenarnya kita merekam akan tetapi kita yang menentukan waktu awal dan akhir sehingga seperti memotong.
    cara memotong video menggunakan vlc
  4. untuk gambar silahkan anda lihat di bawah ini, ough iya karena ini seperti merekam jadi gak boleh dicepetin ya sob biar hasilnya bagus. video yang dipotong akan secara otomatis tersimpan di videos local c, setelah anda mengakhiri rekaman atau klik record kedua.

mungkin itu saja artikel tentang cara memotong video menggunakan komputer yang dapat saya bagikan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi anda. apabila anda mempunyai masalah tentang komputer atau berhubungan dengan teknologi silahkan anda cari solusinya di website kami di www.kuncikomputer.com .

Baca Juga: