Perbedaan Software Dan Aplikasi Secara Mendetail

Posted on
Perbedaan Software Dan Aplikasi Secara Mendetail
5 (100%) 1 vote

kebanyakan orang menyebut aplikasi dan software itu sama dan tidak ada bedanya sama sekali. pada dasarnya kedua nama diatas merupakan dua hal yang berbeda. orang-orang menganggap sama karena mereka tidak mau mencari dan menggali apa perbedaan yang sebenarnya antara software dan aplikasi. untuk itu saya akan mencoba berbagi lewat artikel mengenai perbedaan aplikasi dan Software.

memang aplikasi dan software itu memiliki tujuan yang hampir sama dan dijalankan di sebuah komputer akan tetapi perbedaan mendasar yang menyebabkan seseorang menyebut apakah sebuah produk layak disebut aplikasi atau software. berikut ini adalah perbedaan dari keduanya.

Perbedaan Antara Aplikasi Dan Software

perbedaan software dan aplikasi

1. Software merupakan sebuah perangkat lunak yang berjalan di sebuah sistem komputer dan digunakan untuk mengolah data dan memprosesnya dalam bentuk digital kemudian data yang telah di proses akan dikirim ke perangkat lain. biasanya software juga mengacu pada sebuah program dan berbagai data dalam komputer. oleh karenanya software bisa diartikan sebagai seperangkat program yang memiliki prosedur serta algoritma yang berguna untuk mengolah data.

Biasanya GUI (Graphic User Interface) atau tampilan atarmuka yang dimiliki sebuah software itu sangat user friendly sehingga memudahkan penggunya untuk mengoperasikan software yang ada.

perangkat lunka sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu perangkat lunak tertulis, perngkat lunak aplikasi dan perangkat lunak yang memiliki platform seperti sistem operasi seperti windows, linux, apple dan lainnya.

software sendiri digunakan untuk mengolah data sesuai dengan perintah yang di kehendaki oleh user dan menyeluruh di dalam komputer.

dengan kata lain software yaitu sebuah program yang harus dimiliki oleh semua komputer. jika tidak ada software maka komputer tidak akan bisa digunakan. software bisanya memiliki ukuran file yang besar dan harganya pun lebih mahal ketimbang aplikasi.

untuk proses instalasi software membutuhkan waktu yang lama dan ruang yang digunakannya pun besar. berbeda dengan aplikasi, proses instalasinya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kunjungi Terus : www.kuncikomputer.com

2. Aplikasi atau sering di kenal dengan APPS yaitu bagian dari software yang berguna untuk membantu pekerjaan seseorang di komputer dan sifat kegunaanya lebih spesifik. aplikasi juga bisa dibuat secara khusus yang hanya bisa dijalankan di satu sistem operasi saja atau bisa juga di jalankan disemua OS, tergantung kebutuhan Usernya.

aplikasi tidak wajib di miliki oleh semua komputer, karena aplikasi memiliki kegunaan yang spesifik dan jika dibutuhkan baru kita bisa menginstall nya dahulu.

contoh dari aplikasi yang sering digunakan di komputer yaitu seperti Coreldraw, photoshop, adobe ilustrator merupakan aplikasi untuk mendesain. contoh lainnya yaitu filmora, movie maker, yang digunakan untuk mengedit sebuah video dan masih banyak lainya.

adapun ukuran file yang dimiliki aplikasi biasanya lebih kecil dan harganya pun relatif lebih murah di bawah software.

jika ukuran filenya lebih kecil dari software secara otomatis proses installnya pun tidak membutuhkan waktu lama.

kalau dilihat dari perbedaan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan mendasar antara aplikasi dan software terdapat di fungsi kegunaannya, ukuran file, harga dan lama instalasinya.

mungkin itu saja materi mengenai perbedaan software dan aplikasi yang bisa saya bagikan kali ini semoga bermanfaat. sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Baca Juga:

Ingat!! Ini Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis

Cara Print PowerPoint Satu Lembar Untuk Beberapa Slide

Cara Uninstall Aplikasi Di Macbook MacOS

Rahasia Cara Membuat Slide Presentasi PowerPoint Yang Baik Dan Menarik

Cara Membersihkan Malware di Chrome