Cara Scan Dokumen Di Komputer Menggunakan Paint

Posted on
Cara Scan Dokumen Di Komputer Menggunakan Paint
5 (100%) 1 vote

seperti yang kita ketahui, bahwa dokumen bisa kita scan dan di jadikan sebuah foto atau gambar untuk disimpan di komputer. terkadang dokumen yang di scan bisa dijadikan sebuah bahan untuk persyaratan melamar pekerjaan dan lain sebagainya. di artikel kali ini saya akan mencoba berbagi cara scan dokumen di komputer menggunakan paint. di printer sekarang ini sudah ada beberapa yang memiliki fitur untuk scan.

dan untuk proses scannya, laptop anda harus terhubung dengan printer dan harus sudah terinstal driver printernya. jika kedua syarat tersebut terpenuhi maka anda bisa scan dokumen menggunakan aplikasi driver bawaan printer.

nah untuk cara scan dokumen menggunakan paint ini syaratnya sama dengan yang diatas, yaitu harus terhubung dengan alat scan dan harus sudah terinstall driver scannya. jika sudah terpenuhi syarat tersebut silahkan ikuti langkah dibawag ini.

Cara Scan Dokumen Ke Komputer Menggunakan Paint

1. pastikan dua syarat diatas terpenuhi, yaitu terhubung dengan alat scan dan drivernya pun harus sudah terinstall (contoh : bisa menggunakan semua jenis printer yang ada scannernya)
2. buka aplikasi paint di komputer atau laptop anda, klik pojok kiri bawah ketik “paint” kemudian enter.
3. jika sudah terbuka klik file dan lihat pada tulisan ” from scanner or camera ” . fitur scan pada paint tidak akan aktif jika komputer atau laptop belum memenuhi syarat pada pont nomor 1.
4. jika sudah aktif, anda bisa klik dan akan muncul jendela baru seperti dibawah ini.

cara scan dokumen di komputer menggunakan paint

keterangan:
color picture : digunakan untuk scan berwarna
grayscale : digunakan untuk scan hitam putih.

5. di gambar diatas terdapat tombol “preview” (untuk melihat sementara hasil scan), “scan” (untuk scan dokumen), “cancel” (kembali). klik scan untuk meneruskan proses scan.
6. hasil scan akan tampil di paint dan anda bisa menyimpannya dengan format yang tersedia di paint seperti jpeg, png, jpg dan lainnya.

sekian artikel kali ini mengenai cara scan dokumen di komputer menggunakan paint semoga bermanfaat bagi pembacanya. kunjungi terus website www.kuncikomputer.com untuk melihat artikel terbaru lainnya.

Baca Juga: