Tutorial Cara Belajar MySQL Dasar Untuk Pemula [100% Mudah]

Tutorial Cara Belajar MySQL Dasar Untuk Pemula [100% Mudah]
5 (100%) 1 vote

www.kuncikomputer.com -pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan bagaimana Tutorial Cara Belajar MySQL Dasar Untuk Pemula agar mudah dimengerti. MySQL adalah merupakan software RDBMS (atau software database) yang dapat mengelola database dengan sangat cepat, dapat menempung data dalam jumlah data yang sangat besar, dapat diakses oleh banyak user (multi user) dan dapat melakukan proses secara sinkron atau berbarengan (raharjo 2011). database digunakan untuk menyimpan data yang sangat besar, dengan begitu MySQL sangat diperlukan oleh pengguna yang mempunyai data yang besar. biasanya database digunakan untuk sistem sehinggan memudahkan penggunanya dalam menggunakan data mereka.

sebelum saya menulis lebih banyak lagi, seperti biasa saya sebagai penulis meminta maaf apabila nantinya terdapat kesalahan dalam penulisan saya, karena saya hanya manusia biasa :-).



Cara Belajar MySQL Dasar Untuk Pemula

  1. instal terlebih dahulu xampp sebagai tools untuk membuat database MySQL, disini saya akan menggunakan sql yog enterprise juga yang menurut saya lebih mudah.
  2. buka xampp sebagi web server, lalu klik start pada apache dan MySQL.
  3. setelah itu bukalah sql yog enterprise isilah host localhost, username root, dan password anda setelah itu klik connect.
  4. setelah anda masuk pada sql yog enterprise biarkan saja xampp yang masih start  tadi, sekarang kita akan bermain di sql yog enterprise sebagi tools untuk membuat database MySQL.
  5. setelah anda masuk pada halaman utama sqlyog aperhatikan sebelah kiri atas di pojok ada tulisan root@localhost yang digunakan untuk membuat database mysql baru, dengan cara klik kanan -> create database. lihat gambar berikut ini .belajar-mysql
  6. setelah anda klik create database akan muncul halaman baru lalu tuliskan nama datasebase dan klik create, biarkan yang lainnya default.
  7. setelah itu database anda akan tampil di sebelah kiri, klik icon +, untuk membuka database yang didalamnya terdapat tabel, views, function triggers, event. berikut adalah gambarnya.
    db_coba
  8. apabila anda akan membuat tabel klik kanan pada folder tabel lalu buatlah tabel.

    keterangan dari folder yang terdapat didalam database diatas.

    tabel digunakan untuk membuat tabel yang dapat digunakan untuk penyimpanan datautama.
    viesw digunakan untuk menyimpan tabel relasi dari tabel yang sudah dibuat relasi.
    triggers digunakan untuk membuat perintah otomatis apabila terdapat perubahan dalam tabel.
    event digunakan untuk membuat perintah terjadwal dalam waktu tertentu.

sekian tutorial yang bisa saya berikan kali ini semoga bermanfaat, apabila terdapat kesalahan saya sebagai penulis meminta maaf sebesar besarnya .

BACA JUGA :