Tutorial Belajar Javascript Dasar Untuk Pemula [Terlengkap]

Posted on
Tutorial Belajar Javascript Dasar Untuk Pemula [Terlengkap]
5 (100%) 1 vote

www.kuncikomputer.com -kali ini saya akan menjelaskan bagaimana Tutorial Belajar Javascript Dasar Untuk Pemula [Terlengkap]. javasript tidak hanya berlaku di front end tetapi juga berlaku pada back end. javascript digunakan untuk membuat website agar lebih inrtraktif. Adapun yang dimaksud dengan front end yaitu tampilan luar dari layout website. beda halnya dengan back end yaitu semua yang berhubungan di balik layout atau logika dari program.

javascript dapat dihubungkan dengan html menggunakan dua cara yaitu dengan cara internal dan eksternal. internal yaitu menghubungkan javascript langsung dengan html, mksdnya di tulis langsung di dalam html. adapun cara ekternal yaitu menghubungkan javascript dengan html menggunakan sintak tertentu, adapun file antara javascript  dan html dipisah. saya rasa cukup perkenalan awalnya tentang javascript, mendingan kita langsung ke tkp aja ya gan :-).

seperti biasa sebelum saya memulai menulis lebih banyak lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya karena saya hanya manusia biasa seperti anda sekalian :-).



Tutorial Belajar Javascript Dasar Untuk Pemula

  1. langkah pertama yaitu kita akan membahas javascript internal atau di dalam html. berikut adalah sintak umum javascript.
     

    adapun contoh dari penggabungan dengan htmlnya yaitu sebagai berikut :

     

     

    keterangan : pada sintak document.getElementById berguna untuk memilih Id tertentu pada elemen html. sedangkan pada .innerHTML digunakan untuk menulis isi di dalam id elemen html yang telah dipilih sebelumnya.

  2.  selanjutnya kita akan membahas javascript eksternal atau filenya berbeda, intinya masih sama dengan yang internal akan tetapi  file yang eksternal filenya di pisah dengan html. mari kita coba untuk memisahkan file tersebut. buat lah file javascript.js. isinya seperti berikut

     

    lalu pada file html disambungkan dengan sintak berikut ini .

     

     

Catatan untuk Belajar Javascript

pertama javascript diletakan di dalam body setelah sintak html selesai dikarenakan, program akan membaca secara berurutan dri atas dan membaca id yang akan di pilih terlebih dahulu, setelah itu membaca javascript yang memilih id yang telah di baca diatasnya.

kedua untuk javascrip yang eksternaldi simpan satu folder dengan html bagi yang belajar pemula, untuk memudahkan dalam memanggil file. sintak yang memanggil file sudah di jelaskan diatas yaitu <script src=”javascript.js”> </script> perhatikan src=”javascript.js” memanggil javascript dalam satu folder.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya, saya meminta maaf karena saya sama dengan anda hanya manusia biasa :-).

 

BACA JUGA :