Pengertian Bahasa Komputer Dan Bahasa Pemrograman Serta Jenis-Jenisnya

Posted on
Pengertian Bahasa Komputer Dan Bahasa Pemrograman Serta Jenis-Jenisnya
5 (100%) 1 vote

seperti yang kita ketahui bahwasanya bahasa merupakan alat yang digunakan untuk berintraksi dengan manusia ataupun dengan komputer. jika anda bisa memahami bahasa komputer berarti anda bisa berintraksi dengan komputer dan bisa membuat sebuah program yang bisa di pahami oleh mesin komputer.  di bawah ini saya akan mencoba menjelaskan materi  tentang bahasa mesin atau bahasa komputer, jika anda tertarik menjadi seorang programmer tentu anda harus tahu dahulu apa itu bahasa mesin atau bahasa komputer.

Bahasa Komputer

untuk membuat sebuah program komputer tentu  kita harus memahami bahasa dari komputer itu sendiri. dalam dunia komputer bahasa komputer biasanya di kenal dengan bahasa pemrograman.  program komputer merupakan seperangkat perintah yang di buat untuk dijalankan oleh komputer saat komputer hidup atau perintah yang di buat ingin di jalankan oleh penggunanya.

bahasa komputer terdiri dari kata unik dan di jadikan kode dan di jalankan oleh komputer. bahasa pemrograman yang banyak dikenal dalam dunia programer yaitu seperti pascal, c++, cobol, java, dbase, Delphi, clipper dan masih banyak yang lainnya.

bahasa komputer

Pengertian Bahasa Pemrograman

bahasa pemrograman merupakan perintah atau instruksi yang digunakan untuk memerintah komputer. bahasa pemrograman sendiri merupakan sebuah himpunan dari susunan sebuah sintaks dan semantic yang di gunakan untuk mendefenisikan sebuah program komputer.  dengan bahasa komputer seorang programer bisa membuat program aplikasi yang dapat mengolah data mentah dan di proses oleh komputer sedemikain rupa sehingga menjadi data informasi yang di butuhkan.

Jenis Bahasa Komputer

  1. Machine language (bahasa mesin)

bahasa mesin sendiri merupakan seperangkat instruksi yang di buat dan dipahami oleh komputer  dalam bilangan biner (yaitu angka 0 dan 1), dengan instruksi yang telah di ubah menjadi bilangan biner akan di pahami oleh cpu dan akan di proses sesuai dengan perintah yang dibuat.

  1. Assembly Language

assembly language atau sering di kenal dengan bahasa komputer dengan tingkat rendah serta mempunyai banyak kode yang digunakan untuk mengingat data dan informasi yang telah di input dan dip roses. pada bahasa komputer tingkat rendah ini terdapat seperangkat simbolis yang tersambung dengan instruksi tertentu terhadap bahasa mesin.

  1. High level language

high level language merupakan bahasa komputer tingkat tinggi yang di buat untuk memahami bahasa manusia, bahasa ini lebih mudah di pelajari dan di pahami oleh manusia serta bisa digunakan untuk pembuatan program komputer yang dibutuhkan. biasanya para programmer menggunakan bahasa tingkat tinggi untuk membuat sebuah sistem aplikasi komputer karena sangat mudah di pahami. pada high level language terdapat compiler atau pembantu yang berguna untuk menterjemahkan baha tingkat tinggi menjadi bahasa mesin yang bisa di pahami oleh komputer dan diproses oleh CPU susuai dengan koding telah di buat.

mungkin itu materi pengertian komputer yang bisa saya tuliskan kali ini, semoga bermanfaat bagi anda. jika anda bisa memahami bahasa komputer pasti anda bisa membuat sebuah program komputer sederhana ataupun program yang lebih kompleks.

Baca Juga: