Cara Setting Waktu Di Router Mikrotik [Penting!!]

Posted on
Cara Setting Waktu Di Router Mikrotik [Penting!!]
Rate this post

di pertemuan kali ini saya akan mencoba baha cara setting waktu di router mikrotik. jadi gini, di router mikrotik itu sangat di perlukan waktu yang akurat dengan kenyataan, karena ada tujuan tertentu atau ada kegunaan tertentu dari waktu yang akurat di router mikrotik.

salah satu kegunaannya yaitu misalnya anda akan mengatur jadwal restart otomatis berdasarkan waktu yang telah di tetapkan. apabila jam/tanggal/bulan/tahun tidak akurat atau belum di setting maka kita tidak akan bisa membuat perintah atau rule-rule yang akurat di mikrotik. selain itu anda juga akan merasa kesulitan dalam membaca log di mikrotik apabila waktu tidak akurat.

Note:

* pastikan terkoneksi dengan internet mikrotik.
*  pastikan time zonenya sudah benar.
* apabila tidak bisa mengakses dengan domain coba menggunakan IP adress domain, dan melakukan ping ke domain tersebut

Cara Mengatur SNTP Client di Mikrotik

SNTP Client berguna untuk mengsinkronisasi waktu mikrotik dengan perangkat lain di jaringan atau waktu internet. dengan demikian apabila telah tersinkronisasi waktu dengan NTP Server maka mikrotik akan otomatis update pengaturan waktunya.

1. pertama silahkan login winbox lalu klik system -> SNTP Client.
2. klik “enabled” atau ceklis di “enabled”
3. kemudian silahkan anda masukan alamat NTP Server di windox yang akan digunakan di kolom NTP Server, sebagai contoh saya menggunakan Primary NTP Server.

  • 0.id.pool.ntp.org

4. secondary NTP Server

  • id.pool.ntp.org

5. setelah itu klik Apply, untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar di bawah ini.

cara setting waktu di mikrotik-min

jika sudah selesai silahkan anda periksa kembali waktu di router mikrotik anda, jik sudah benar periksa juga bagian clock dan pastikan lokasi sudah sesuai dengan lokasi kita.

Kunjungi Terus : Kuncikomputer.com

Cara Setting Jam Dan Tanggal Di Mikrotik

1. pertama silahkan anda pilih system kemudian pilih clock.
2. disini anda bisa mengatur secara manual, (time untuk merubah jam), (date untuk merubah tanggal). yang harus anda ingat pengaturan ini akan berubah default saat router reboot, karena routerboard tidak seperti komputer yang dapat menyimpan waktu.
3. klik menu “time zone name” dan silahkan anda pilih asia/jakarta.
4. jika sudah diatur silahkan anda klik apply.

cara setting waktu di mikrotik 2-min

mungkin itu saja artikel kami kali ini mengenai cara setting waktu di router mikrotik semoga berguna bagi anda semua. sampai jumpa di artikel saya selanjutnya …

Baca Juga: